Ulasan Seputar Jenis Alarm Motor yang Ada di Pasaran Beserta Harga dan Kelebihannya

Tinggal di kota besar memberikan kelebihan bagi siapa saja yang menginginkan kemudahan akses untuk melakukan berbagai hal. Namun dibalik kemudahan tersebut ada juga kekurangannya karena umumnya keamanan di kota besar lebih rawan. Salah satu contoh kasusnya adalah keamanan kendaraan bermotor khususnya roda dua yang angka pencuriannya lebih sering terjadi di kota besar. Padahal di kota besar juga rawan kemacetan sehingga menggunakan sepeda motor menjadi solusi yang bisa mengatasi masalah kemacetan tersebut. Untuk bisa tetap menggunakan motor di kota dengan aman dan nyaman, solusi yang bisa dilakukan adalah menambahkan alarm motor  pada kendaraan roda dua Anda.

Alarm merupakan penanda bahaya yang bisa memberitahu Anda jika terjadi sesuatu yang bisa menyebabkan motor Anda hilang atau digunakan oleh orang asing yang tidak dikehendaki. Jika dunia otomotif telah kenal dengan alarm mobil, kini saatnya motor juga memiliki alarm sehingga bisa memberi rasa aman yang sama dengan yang digunakan untuk kendaraan besar. Tetapi karena sistem kerja motor, alarm untuk roda dua ini memiliki jenis yang lebih beragam yang bisa dipilih sesuai dengan budget yang dimiliki, cara kerja atau efisiensinya terhadap manfaat yang diberikan. Bagi Anda yang membutuhkan rasa aman ketika menggunakan sepeda roda dua di kota besar, berikut in adalah beberapa jenis alarm untuk motor yang bisa Anda gunakan.

  • Pemutus arus starter.

Pemutus arus starter motor ini dipasang ditempat tersembunyi seperti di dalam jog motor yang hanya bisa dibuka oleh si pemilik motor yang memegang kunci. Jika Anda ingin mengaktifkan alarm ini maka sebelum meninggalkan motor, on kan terlebih dahulu alarm dengan menekan tombol tersembunyi. Jika pada saat Anda pergi ada orang yang ingin membobol starter utama namun tidak meng-off-kan alarm motor maka bunyi darurat akan terdengar. Jika Anda ingin menghidupkan motor untuk berkendara kembali maka off-kan terlebih dahulu alarm baru menyalakan starter seperti biasa. Harga jenis ini yaitu sekitar Rp. 250ribuan.

  • Pemutus mesin.

Alarm jenis ini dilengkapi dengan sensor yang bisa terhubung dalam jarak 50 hingga 100meter. Fungsinya adalah untuk memutuskan dan menghidupkan mesin kendaraan Anda dari jarak jauh. Fungsi ini sangat efektif digunakan ketika tiba-tiba motor Anda dirampas di tengah jalan. Matikan mesin menggunakan remote alarm sebelum motor meninggalkan Anda dengan jarak lebih dari 50 meter. Ketika alarm di tekan maka mesin akan mati secara otomatis dan mencegah penghidupan mesin kembali hingga alarm dimatikan. Selain itu motor juga akan mengeluarkan bunyi darurat dengan kedipan lampu sign yang bisa memberi tahu lingkungan sekitar bahwa motor berada dalam keadaan darurat. Harga alarm ini berkisar antara Rp. 500 ribuan.

  • Mencegah pergerakan motor.

Jenis alarm yang satu ini tidak berhubungan dengan kelistrikan motor. Fungsinya adalah untuk mencegah pergerakan motor. Contoh yang termasuk dalam kategori ini adalah kunci stang, kunci rem dan kunci rantai yang bisa digunakan untuk mencegah motor Anda meninggalkan tempat. Sayangnya jenis ini juga menggunakan kunci yang juga bisa dibobol oleh pencuri yang telah berpengalaman. Harga untuk jenis ini antara Rp. 50 ribu hingga Rp. 150 ribu.

Dari beberapa jenis alarm motor di atas, Anda bisa memilih mana yang paling dibutuhkan sesuai dengan tingkat keamanan yang diinginkan. Untuk pembeliannya, Anda bisa langsung membeli di bengkel, toko otomotif ataupun melalui pemesanan via toko online. Tetapi perlu diingat bahwa pemasangan alarm untuk motor yang berhubungan dengan kelistrikan harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman sehingga tidak mengganggu kinerja motor.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *