Mengenai Trend Warna Cat Rumah Minimalis

Di zaman modern ini, rumah minimalis sangatlah banyak dibangun. Banyak orang yang menyukai model rumah ini karena biaya perawatannya yang cenderung murah. Selain itu, rumah minimalis juga memiliki daya tarik tersendiri dengan unsur kesederhanaannya. Keminimalisan sebuah rumah tidak hanya terlihat dari desainnya saja. Pemilihan warna cat juga dapat menciptakan unsur minimalis di rumah tersebut. Sebagai inspirasi, simaklah 4 trend warna cat rumah minimalis berikut ini.

  • Menggunakan warna netral untuk memberi kesan lembut

Warna putih memang sangat sering digunakan pada rumah minimalis. Memang, rumah minimalis memiliki karakter penggunaan warna yang netral seperti warna putih. Kita dapat menemukan banyaknya variasi warna putih yang beredar. Bila kita kesulitan memilih warna cat rumah minimalis, gunakanlah warna putih. Jangan lupa untuk mengombinasikan warna putih dengan warna netral lainnya. Penggunaan warna-warna ini dapat menghindari kita dari kesalahan pemilihan warna. Beberapa contoh warna netral yang dapat dipilih ialah cream, beige, serta abu-abu.

  • Menggunakan skema warna monokromatis

Skema warna monokromatis tetap menjadi trend cat rumah minimalis masa kini. Kita dapat melihat banyak rumah minimalis yang kombinasi warna catnya sama. Namun, warna cat pada rumah minimalis ini biasanya terkesan kekurangan aksesn dan kontras. Hal ini menyebabkan para designer memilih perpaduan warna yang lebih berani. Penggunaan skema monokromatis pada cat rumah minimalis akan menciptakan dominasi visual. Rumah minimalis kita akan terlihat lebih menarik dan mudah dipahami.

  • Menggunakan warna sejuk atau hangat

Terdapat dua suasana yang dapat dihasilkan dari pilihan warna cat rumah minimalis. Suasana ini ialah suasana sejuk dan hangat. Suasana sejuk dapat dihasilkan dari penggunaan warna seperti biru, ungu, hijau, serta abu-abu. Warna putih yang sering digunakan pada rumah minimalis juga termasuk kategori warna sejuk. Sementara suasana hangat terdapat pada warna merah, coklat, kuning, orange, serta peach.

Pemilihan warna cat akan lebih berpengaruh di bagian interior rumah. Ini dikarenakan kita lebih sering berada di dalam rumah dibanding di luar rumah. Oleh karena itu, kita juga harus menyesuaikan warna cat dengan lingkungan sekitar. Apabila rumah berada di pegunungan, gunakan warna yang memberi kesan hangat. Sementara bila berada di daerah panas, gunakan warna yang memberi kesan sejuk.

  • Memilih warna yang kontras

Meskipun banyak digunakan, banyak juga orang yang menggangap desain minimalis memiliki tampilan yang monoton. Padahal, kita juga bisa menggunakan warna yang kontras untuk menghindari kesan monoton. Misalnya dengan memadukan warna abu-abu tua dengan warna orange. Kombinasi warna ini membuat rumah terkesan menarik.

  • Menggunakan warna putih dan tekstur

Trend berikutnya ialah menonjolkan tekstur sebagai aksen yang dikontraskan dengan warna putih. Penggunaan warna ini sangat cocok apabila kita tidak suka menggunakan banyak warna. Desain ini memang sederhana. Namun, akan tetap menarik secara visual. Selain itu, desain ini tetap memperlihatkan prinsip desain minimalis yang sederhana namun elegan.

  • Menciptakan warna cerah dan tekstur

Warna cat minimalis juga dapat menggunakan tekstur yang dikombinasikan dengan warna cerah. Hasilnya, rumah akan menampilkan kesan mencolok dan memikat. Misalnya seperti penggunaan warna putih yang dipadukan dengan warna kuning cerah pada tekstur-tekstur tertentu.

  • Menambahkan sedikit aksen

Warna putih juga tetap menjadi trend cat rumah minimalis. Kita dapat menggunakan warna putih dan menggabungkannya dengan unsur lain. Misalnya dengan menambahkan aksen warna yang mencolok seperti warna merah.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *